Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perjalanan Masuk Ke-SMK Informatika Sumedang

Perkenalkan nama saya Atep Mugni Soleh Hudin, 4 Juni 1998. Saya kali ini akan bercerita bagaimana perjalanan saya bisa masuk dan tertarik melanjutkan sekolah ke SMK Informatika Sumedang, Penasaran.. penasaran?? :D Nggak ya? Ya udah kalo gak penasaran mah, khusus buat yang penasaran aja ini mah! langsung aja cengkidot..

Setelah lulus SMP (Sekolah Menengah Pertama) pasti ada SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan). Saya putuskan untuk memilih melanjutkan sekolah di SMK supaya bisa langsung kerja, awalnya saya bingung mau melanjutkan sekolah ke SMK mana dan mengambil jurusan apa. Apalagi banyak teman-teman yang mengajak ke SMK Negeri, ataupun SMK Swasta lainnya yang di dominasi dengan jurusan otomotif dan mesin begitu juga dengan orang tua dan kakak saya yang memaksa saya masuk ke SMK tersebut. Namun saya berpikir dua kali untuk masuk ke sekolah tersebut, karna jurusan otomotif dan mesin sudah banyak peminatnya otomatis saingan di dunia kerja pun pasti sudah banyak. Akhirnya saya pun berpikir untuk masuk jurusan informatika, di samping peminatnya masih sedikit, dunia informatika pun tidak akan termakan oleh zaman malah semakin berkembang dan maju. Kalian juga pasti sudah tau dan merasakannya. Iya.. Contohnya saja handphone, kini handphone sudah bermacam-macam dan canggih-canggih, sudah jarang kita temui handphone yang ada antenanya dan berwarna hitam putih ataupun yang berlampu kuning. Kebanyakan handphone-handphone sekarang itu touchscreen atau bahasa gaulnya itu layar toel.

Singkat cerita, seminggu sebelum ujian nasional (UN) saya pun mulai mencari informasi tentang sekolah-sekolah yang ada jurusan informatikanya, tentu saja yang sudah terakreditasi A, saya pun bertanya kepada teman maupun guru namun hasil yang saya dapatkan kurang memuaskan, akhirnya saya pun browsing-browsing di internet dan saya pun menemukan SMK Informatika Sumedang. Itulah pertama kali saya mengenal SMK IFSU walaupun belum tau dimana tempat dan sekolahnya, untuk mendapatkan formulir pendaptarannya pun saya tidak tau. Mungkin saat inilah harapan saya sudah hampir pupus, namun sesudah ujian nasional selesai. Ada kabar dari teman saya bahwa ada salah seorang alumni dari smp saya yang bersekolah di SMK INFORMATIKA SUMEDANG, dan ternyata dia itu teman main saya. Saya pun meminta agar dibawakan formulir pendaftarannya.

Besoknya teman main saya pun membawakan 2 formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran jalur umum dan jalur prestasi, formulir pendaftaran jalur umum kertasnya berwarna hijau sedangkan formulir pendaftaran untuk jalur prestasi berwarna biru. Kaya Viking & Bonek aja nih !! :) hhi

Saya putuskan mengikuti pendaftaran jalur prestasi karna jalur umum masih lama dan harus sudah ada ijasah selain itu saya suka warna biru, biru itu persib bro.. hhe Walau tidak punya prestasi satu pun, untuk nilai rapot pun pas-pasan banget tapi saya tetap nekad. Maklum otak mentok ya gitu gak tau malu ! hhi

Singkat cerita lagi, Tanggal 29 April 2015 saya pun mendaftarkan diri dan di antar oleh ibu saya. Karna tidak tau SMK Informatika Sumedang itu dimana letak dan tempatnya, saya dan ibu saya pun pergi ke rumah paman saya dulu yang ada di Sumedang, tepatnya di Karapyak. Setelah sampai di rumah paman saya, lalu anak paman saya pun mengantarkannya ke kampus SMK Informatika Sumedang, sampai di gedung kampus SMK Informatika Sumedang saya pun langsung ke bagian panitia PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk menyerahkan formulir yang sudah di isi sebelumnya dan membayar biaya seleksi PPDB.

Lalu, saya pun di minta untuk datang kembali pada tanggal 10 Mei 2015, dan jam 07.00 sudah ada di sekolah. Saya mendapatkan tempat diruangan 07 dengan no peserta 137.

Pada tanggal 10 Mei 2015 saya pun kembali lagi ke kampus SMK Informatika Sumedang, saya berangkat jam 05.30 WIB karna tidak mau terlambat. Setelah sampai, saya pun disuruh melihat papan informasi untuk mengetahui ada tidaknya nama saya, dan diruangan berapa, lalu saya pun disuruh berkumpul di lapangan dan berbaris menurut ruangannya masing-masing. Setelah itu saya dan teman-teman lainnya disuruh mengikuti kakak panitia ke depan ruangan test lisan, satu persatu sudah dipanggil untuk mengikuti test lisan dan meninggalkan ruangan test lisan. Lalu dari 3 terakhir nama saya pun akhirnya di panggil. Di dalam, saya di wawancarai oleh ibu Eva kalo gak salah. Disana saya di tanya tentang kebiasaan sehari-hari, warna-warna, pelajaran tik, matematika, dll. Mungkin saat test lisan yang paling sulit itu matematika, dimana saya tidak suka dengan matematika dan malas berpikir lebih keras. Setelah beres test lisan saya pun meninggalkan ruangan test lisan dan masuk ke ruangan test fisik, sebelum mengikuti test fisik saya disuruh berfoto dulu dengan memegani nomor peserta saya. Saat mengikuti test fisik saya disuruh untuk buka baju. Test fisik ini tujuannya untuk mengetahui apakah calon peserta didik baru ini memiliki bekas tato, tindik, ataupun riwayat penyakit berat. Setelah test fisik sudah pulang deh.. :)

Besoknya saya dan teman-teman lainya disuruh ke sekolah lagi untuk mengetahui hasilnya, kemudian kami pun seperti biasanya berkumpul di lapangan berbaris menurut ruangan masing-masing. Dibagikanlah surat hasil seleksinya, dan saya pun disuruh membuka hasilnya bersama-sama. Setelah aba-aba di bukalah surat hasil seleksinya dan ternyata saya diterima di jalur umum, tidak masalah diterima di jalur umum atau pun jalur prestasi yang penting saya bisa masuk ke SMK Informatika Sumedang. Setelah mengetahui hasilnya, kami pun disuruh memberitahukan kepada orang tua agar datang ke sekolah besok untuk mengikuti rapat orang tua dan membayar biaya administrasi.

Setelah semua biaya administrasi di bayar, saya dan teman-teman pun disuruh menunggu sampai tanggal 4 Juli 2015 untuk persiapan MOPDB, tanggal 6 Juli 2015 SMK Informatika Sumedang mengadakan kegiatan keagamaan yaitu PII (Pendidikan Islam Intensif) yang diadakan setiap bulan puasa. Kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai syarat wajib seleksi masuk SMK Informatika Sumedang, Kegiatan PII berlangsung selama satu minggu dan pada hari terakhir  kegiatan bermalam di sekolah yaitu Mabit. Oh iya, sedikit memberitahu seleksi yang saya jalani waktu itu bertepatan sekali dengan bulan puasa. Kegiatan PII & Mabit pun selesai.

Masuk pada bagian MOPDB, tanggal 27 Juli 2015 kami pun kembali untuk mengikuti kegiatan MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru). MOPDB di SMK Informatika Sumedang sangatlah berbeda dengan sekolah lainnya, karena MOPDB yang di berikan sangatlah menyenangkan tanpa adanya perpeloncoan, pelecehan, kekerasan atau kegiatan apapun yang tidak mendidik selama Orientasi. Sangat diluar pemikiran saya, yang dimana MOPDB itu selalu membuat malu para peserta didik barunya.

Akhirnya MOPDB pun selesai, masuklah pada tahun pelajaran baru. Dimana semuanya akan berubah, yang tadinya berbaju putih biru menjadi putih abu.

Hari yang ditunggu-tunggu pun telah tiba, hari pertama memakai baju yang berbeda dengan biasanya. Iya, hari dimana pertama kalinya memakai baju putih abu dengan bet warna kuning khas SMK Informatika Sumedang. Dan akan bertemu dengan teman baru dan suasana sekolah yang baru.

Inilah awal pertama masuk SMK Informatika Sumedang.

Post a Comment for "Perjalanan Masuk Ke-SMK Informatika Sumedang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel