Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Motherboard, Pengertian dan Fungsinya

Motherboard atau sering disebut juga mainboard diibaratkan sebuah kota yang berisi rumah - rumah,  gedung  - gedung,  jalan raya, beberapa infrastruktur lainnya. Sebuah  Motherboard biasanya adalah sebuah multilayered PCB.  Dan sebagaimana umumnya PCB, Motherboard berisi jalur sirkuit elektronik kompleks yang membawa sinyal dan voltase untuk menghubungkan setiap komponen yang ada.

Jalur sirkuit ini biasanya berisi pada setiap layer lapisan pada Motherboard, karena PCB nya sendiri terdiri dari beberapa layers biasanya minimal 4-8 lapisan.  Tujuan layer sebenarnya untuk membagi jalur tersebut agar komponen yang tidak berkaitan,  jalurnya tidak berhubungan karena ditempatkan pada layer yang berbeda interaksi.

Secara sederhana sebuah MB berisi : PCB utama,  prosesor socket/slot,  memory slot, PCL slot, IDE slot, Chipset, BIOS, I/O Connector  (Parallel , Serial, Sound, USB, PS/2), Power Connector dan beberapa komponen elektronis lainnya. Pengertian slot dan Connector adalah tempat dimana devaice lain dapat di instalasi kan sesuai standarnya masing-masing. 

Misalnya prosesor akan di instal pada prosesor socket,  memory pada memory socket,  Sound card pada PCL slot atau keyboard yang bisa di pasang pada port USB atau PS/2.

Motherboard merupakan papan utama yang berfungsi untuk menyediakan tempat socket, slot, dan Connector bagi komponen - komponen tersebut, Motherboard terdapat komponen - komponen Chip controller yang bertugas mengatur lalulintas data dalam sistem Motherboard serta mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.

Pada Motherboard terdapat socket untuk prosesor,  memory, dan slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA card, Sound card, internal modem, dan lain-lain.

Fungsi Motherboard sendiri yaitu sebagai berikut :
1. Sebagai alat untuk tempat pemasangan komponen -komponen antara lain prosesor,  memori RAM, kartu grafis dan lain-lain sesuai kebutuhan.

2. Menghubungkan Komponen - komponen dalam CPU dengan menggunakan kabel atau langsung ditancapkan ke socket,  slot yang terdapat di mainboard.

3. Pusat pengendalian yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang di Motherboard.

4. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen di PC.

5. Mengatur lalulintas semua data,  mulai dari peranti penyimpanan  (harddisk, memori), peranti masukan data (keyboard,  mouse, scanner) atau printer untuk mencetak.

Berikut merupakan penjelasan mengenai Motherboard dan apa saja fungsinya, semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan wawasan anda.

Post a Comment for "Apa itu Motherboard, Pengertian dan Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel