Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Soft Skill?

Soft Skill yaitu sikap, perilaku atau karakter individu yang ada dalam diri masing-masing.

Lebih condongnya pengertian soft skill adalah sikap dan kebiasaan dalam berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain.

Berbicara tentang perubahan perilaku, tidak akan ada yang instan.

Artinya, hasil dari pendidikan soft skill tidak akan serta merta dapat dilihat begitu peserta selesai mengikutinya.

Setiap perubahan pada diri manusia akan membutuhkan waktu, dan setiap individu akan mengalami perbedaan dalam prosesnya.

Namun, kemampuan Soft Skill itu tidak akan hilang dan akan terus ada dalam diri individu serta dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, kemampuan soft skill akan menjadi dasar pertumbuhan dan perubahan karakter setiap individu dalam hidupnya.

Kenapa soft skills penting?

Pendidikan Indonesia saat ini masih belum menjadikan pendidikan karakter (soft skill) sebagai fokus pendidikan. Orang lebih mengutamakan pendidikan yang bersifat hard skill seperti keterampilan menjahit, komputer dll.

Dan ini hanya bisa terlihat dan terukur dalam waktu yang singkat, ketimbang pendidikan yang bersifat soft skill yang membutuhkan proses dan waktu yang panjang. 

Padahal, sekitar 70% keberhasilan seseorang (terutama dalam bekerja) ditentukan oleh kemampuan soft skill-nya; hanya 30% ditentukan oleh kemampuan hard skill-nya" - Dikutip dari sambutan Bapak Bandi, pada acara Pembukaan TOT Soft Skill bagi Instruktur dan Management UPTP Kementrian Ketenagakerjaan (Anyer, 14 Juni 2016)

“Sekitar 70% keberhasilan seseorang (terutama dalam bekerja) ditentukan oleh kemampuan soft skillnya; hanya 30% ditentukan oleh kemampuan hard skill-nya.”

Soft skills dan hard skills adalah 2 hal yang saling melengkapi dalam diri sesorang dalam mencapai cita-cita dan tujuan hidupnya. Keduanya sama-sama penting dan sebaiknya dimiliki oleh setiap orang jika ingin mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup.

Contoh, seseorang yang memiliki kemampuan teknik handal tapi tanpa disertai kedisplinan atau kejujuran maka akan sulit mencapai kesuksesan, begitu juga sebaliknya. Seseorang dengan kedisplinan atau kejujuran tinggi tapi kurang dalam keterampilan teknik juga akan mengalami kesulitan dalam karirnya. 


Gambar di atas ini menunjukkan peran soft skill dan hard skill, seperti teori gunung es. Sekalipun sebagian gunung es tidak terlihat (berada di bawah permukaan air), namun ia berperan besar dalam menyumbang kekokohan dan kekuatan gunung es.

Demikian pula halnya dengan soft skill. Yang berperan besar dalam pertumbuhan dan keberhasilan seseorang adalah soft skill-nya, sekalipun perubahannya tidak kasat mata dan membutuhkan proses/waktu.

Itulah merupakan ulasan mengenai apa itu soft skill, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Enjoyyy!

Sumber : Modul Soft Skill Untuk Kesiapan Kerja, Kemnaker, PLAN International.

Post a Comment for "Apa itu Soft Skill?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel